Penyebab Steatorrhea

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Selamat pagi dok,saya mau tanya sekarang saya mempunyai keluhan yaitu keluar minyak dari dubur saya warna y kuning tapi tidak berbau dan saya juga tidak merasakan sakit perut atau keluhan lain y wasir juga sya tidak,memang sih sya susah BAB dan sering minum obat pencahar karena kalau tidak minum sya gak BAB bisa seminggu,makan buah2an sma sayur juga gak ngaruh dok tetap aja susah BAB y mohon penjelasan y dok sya khawatir sekali terimakasih sebelum nya🙏🏼🙏🏼🙏🏼

07 Nov 2019, 11:33 WIB
dr. Theresia Rina Yunita
dijawab oleh: dr. Theresia Rina Yunita

Terima kasih atas pertanyaan Anda melalui fitur tanya dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jika Anda mengeluh adanya minyak kekuningan pada anus, bisa jadi Anda menderita steatorrhea. Feses yang berminyak (steatorrhea) dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah gagalnya lemak dalam tubuh dicerna dan diabsorpsi di usus. Akibat gagalnya pencernaan lemak yang salah, hal ini dapat menyebabkan keluarnya minyak dari dubur.

Proses pemecahan dan penyerapan lemak di usus tersebut tergantung dari 3 komponen yaitu cairan empedu, enzim lipase dari pankreas dan fungsi pencernaan usus itu sendiri. Jika salah satu komponen di atas bermasalah maka BAB berminyak dapat terjadi. Penyebab hilangnya cairan empedu karena adanya obstruksi/hambatan dari traktus biliaris (sistem produksi dan distribusi cairan empedu ke usus) sehingga feses akan berwarna seperti dempul dan terjadi jaundice (kuning pada tubuh). Bagaimana dengan Anda? Apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan, seperti nyeri perut, demam atau kekuningan pada tubuh? Apakah Anda menggunakan pengobatan untuk menurunkan kolesterol?

Jika keluhan Anda tidak membaik, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada diri Anda.

Demikian, semoga dapat membantu. 

 

07 Nov 2019, 11:33 WIB