Mag Saat Hamil

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Dok saya mau tanya, kakak saya hamil 8 bulan, asam lambungnya tinggi, dapat resep dari dokter omeprazol 5 kapsul untuk 5 hri. Lalu sya searching klo omeprazol tdak aman untuk ibu hamil. Apakah berbahaya dok ? Karna sudah saya habiskan obatnya.

07 Nov 2019, 13:56 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Wanita hamil dapat mengonsumsi obat maag berupa antasid atau golongan H2 blocker seperti ranitidin. Namun sebelum mengonsumsinya, kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung terlebih dahulu kepada dokter.

Untuk selanjutnya, agar maag tidak kembali menyerang, Anda perlu memperhatikan beberapa hal :

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.   

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

07 Nov 2019, 13:56 WIB