Cara Tepat Membersihkan Telinga

dok membersihkan telinga itu diobat tetes dulu ya baru dikorek obat tetes apa ya yang aman?

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun18 Nov 2019, 07:12 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai cara tepat membersihkan telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Membersihkan telinga merupakan salah satu cara menjaga kebersihan tubuh. Tahukah Anda darimana kotoran telinga berasal? Kotoran telinga merupakan hasil produk oleh kelenjar di liang telinga yang gunanya melapisi kulit telinga agar terhiindar dari kerusakan dan infeksi. Kotoran itu juga berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri dan debu ke dalam telinga. Normalnya, liang telinga memiliki mekanismenya sendiri untuk membersihkan telinga. Secara alami, kotoran telinga akan bergerak keluar dari liang telinga, proses ini juga dibantu dengan kita mengunyah dan berbicara.

Sebaiknya untuk membersihkan telinga, sebaiknya menghindari penggunaan cotton bud, apalagi penggunaan secara rutin. Karena dapat membuat kotoran telinga lebih masuk ke dalam dan bukan malah mengeluarkan kotoran tersebut. Mulailah dengan membersihkan bagian luar telinga terlebih dahulu, yaitu daun telinga. Bisa menggunakan tisu, kapas atau kain yang dicelupkan ke air hangat, lalu usap dengan pelan. Anda bisa saja menggunakan obat tetes telinga yang gunanya untuk melunakkan kotoran yang mengeras di dalam telinga, tapi Anda harus mengetahui betul cara penggunaannya agar tidak terjadi komplikasi. Berikut beberapa artikel yang akan membantu Anda memahami tentang membersihkan telinga:

Baca Juga

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara tepat membersihkan telinga. Apabila Anda ingin berkomunikasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan saya melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, Terima kasih.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Telinga Sakit dan Berbau

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Penyebab Telinga Berdengung

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

nyeri telinga

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Telinga Sakit 1 Minggu Lebih

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Benjolan Di Telinga

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk