Sering Sakit Kepala, Apa Penyebabnya?

Info Penanya, pria 35 Tahun

sering kali merasakan sakit dikepala

22 Nov 2019, 16:47 WIB
dr. Valda Garcia
dijawab oleh: dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Perlu dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik sebelumnya secara langsung untuk dapat mengetahui kemungkinan penyebab yang mendasari keluhan sakit kepala yang dialami.

Terdapat beberapa jaringan penyusun yang ada di kepala yang dapat menimbulkan keluhan sakit kepala. Jaringan teratas adalah kulit dan rambut. Jika terdapat gangguan pada lapisan ini seperti luka atau lecet juga dapat menimbulkan keluhan sakit kepala.

Selain itu, terdapat tulang tengkorak yang menyusun dan membentuk kepala. Jika terjadi benturan yang hebat dan menimbulkan retak pada tulang yang menimbulkan penekanan pada jaringan di sekitarnya juga dapat menyebabkan sakit kepala. 

Di dalam tulang terdapat otak dan jaringan lain seperti pembuluh darah dan saraf. Jika terdapat gangguan pada jaringan tersebut seperti tumor, gangguan pembuluh darah, pecah pembuluh darah atau gangguan saraf juga dapat menyebabkan keluhan sakit kepala.

Namun sakit kepala juga dapat disebabkan oleh gangguan di organ lain di sekitarnya, seperti gangguan pada mata berupa peningkatan tekanan bola mata juga dapat menimbulkan keluhan sakit kepala. 

Sakit kepala juga dapat timbul tanpa sebab yang jelas. Bisa dipicu oleh stres, kurang istirahat dan berbagai sebab lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu oleh dokter sehingga dapat diketahui penyebab keluhan sakit kepala yang dialami dan memperoleh terapi yang tepat.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keluhan Anda. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Terima kasih.

22 Nov 2019, 16:47 WIB