Solusi Ambeien yang Sudah Keluar

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok saya sudah lama mengalami ambeien sudah 1 thn ini ambeien sudah ada diluar solusi untuk menyebuhkan ?apa harus operasi untuk menghilangkan ambeien smpai ke akar atau hanya obat herbal dan salep saja untuk menghilangkan tuntas benjolan terimakasih

28 Jan 2020, 16:28 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Halo,

Saya memahami keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Ambeien atau wasir (hemoroid) adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah dubur. 

Ada 2 macam ambeien yang disebut dengan hemoroid eksterna dan interna. Untuk menentukan derajatnya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Pada kasus Anda, yang terjadi yakni hemoroid interna derajat III atau IV. Kalau derajat III, benjolan keluar tapi masih bisa dimasukkan kembali sedangkan kalau derajat IV sudah tidak bisa.

Untuk yang seperti ini, terapi utama yakni pembedahan. Pembedahan tergolong bedah minor rawat jalan sehingga Anda tak perlu dirawat. Biasanya dokter akan mengikat pangkal benjolan, dan membiarkan benjolan tersebut lama-lama terlepas sendiri. Ada juga yang menggunakan metode staepler.

Sebaiknya Anda mendatangi dokter bedah umum/bedah digestif untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Saat ini, lakukan hal-hal berikut untuk mengurangi keluhan:

1. Jangan menahan BAB. Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

2. Duduk dalam air hangat. Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

3. Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.

4. Konsumsi buah-buahan yang bersifat pencahar seperti pepaya, pir, dan alpukat.

5. Olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Jika kondisi pekerjaan memaksa Anda untuk mengangkat benda berat, usahakan untuk mengangkatnya dalam posisi jongkok dan bukan membungkuk, sehingga tekanan perut tidak banyak meningkat.

Jika memang kondisi ini sudah sangat mengganggu kualitas hidup dan pekerjaan Anda, alternatif terbaik yakni mengangkat ambeien tersebut.

Baca juga:

Ini Dia 7 Tips Sederhana Atasi Wasir

Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini

Hindari 5 Makanan Ini Saat Wasir Anda Kambuh

Serba-serbi Operasi Wasir

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Anda lekas membaik. (FA)

28 Jan 2020, 16:28 WIB