Darah Haid Berwarna Coklat

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok kenapa darah haid saya menjadi coklat seperi warrna milo dan hanya keluar flek tp cukup banyak

28 Jan 2020, 21:23 WIB
dr. Arina Heidyana
dijawab oleh: dr. Arina Heidyana

Halo, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang saudari rasakan.

Haid merupakan luruhnya lapisan dari rahim yang tidak dibuahi setiap bulannya. Darah haid yang keluar bisa berbeda, yaitu coklat, merah dan juga kehitaman. Hal ini tergantung dari keadaan asam/basa dan juga cairan vagina. Dimana cairan vagina terdiri dari darah, lendir dan jaringan dinding rahim. 

Ada banyak penyebab yang membuat darah haid keluar berbeda tiap siklus dan tiap wanita. Misalnya, jika yang keluar kecoklatan berarti lebih banyak lendir daripada komposisi darahnya. Bisa juga karena jaringan rahim yang lebih banyak dan wanita dengan kadar sel darah merah yang rendah (anemia). 

Warna darah haid bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Karena yang terpenting dari haid adalah siklus normal, durasi dan volume yang sesuai. Tapi, jika hal ini tetap juga mengganggu Anda, boleh melalukan konsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan dan pemeriksaan yang pasti. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Saudari dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun.

Semoga saudari sehat selalu.

28 Jan 2020, 21:23 WIB