Darah Haid Menggumpal

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Dok saya mau bertanya kalo misalnya haid dalam sebulan terus darahnya menggumpal dan sangat deras apakah itu normal atau tidak?

04 Feb 2020, 09:19 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai darah haid menggumpal melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah darah haid yang menggumpal.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang. Selama lama haid/perdarahan normal dan tidak disertai keluhan-keluhan lain maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Namun bila keluhan terasa sangat mengganggu dan menyebabkan keluhan lain seperti nyeri perut hebat, pusing dan anemia maka Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai darah haid menggumpal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,

04 Feb 2020, 09:19 WIB