Telat Haid Namun Tidak Hamil

Info Penanya, wanita 32 Tahun

Saya sudah minum obat levonorgestrel tapi sudah seminggu tidak haid sudah saya tes tapi hasil negatif ,apakah saya hamil atau tjdak

08 Feb 2020, 16:50 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Halo Ibu,

Saya mengerti keluhan yang Ibu sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Telat haid memang merupakan salah satu tanda kehamilan yang biasanya disadari pertama kali. Tetapi pada kasus Anda, sudah dilakukan test pack dan hasilnya negatif. Test pack sendiri memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga hasilnya sangat bisa dipercaya.

Bila Anda baru satu kali melakukan testpack, silakan ulang kembali 2-3 hari kemudian. Bila tetap negatif, artinya memang tidak hamil. Ingat untuk melakukannya di pagi hari segera setelah bangun tidur, menggunakan urin pertama. Dan, segera baca hasilnya setelah 1-2 menit dicelupkan, agar pembacaannya akurat.

Selain kehamilan, telat haid bisa disebabkan karena haid yang tidak teratur. Ini bisa berkaitan dengan banyak hal seperti adanya stres, gangguan tiroid, berat badan yang berlebih atau menurun drastis, menggunakan kontrasepsi hormonal, dan mengalami penyakit kandungan tertentu. Bila hal ini baru dirasakan pertama kali (telat haid), masih merupakan hal yang wajar karena wanita bisa mengalami telat haid hingga 1-2 kali dalam setahun.

Baca juga: 

Test Pack Negatif, Apa Masih Mungkin Hamil?

5 Alasan Telat Haid Selain Kehamilan

Telat Haid Sebulan, Pertanda Apa?

Bila Anda ragu dengan kondisi yang dialami, silakan berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan di tempat Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui Play Store Android: https://www.klikdokter.com/download atau App Store : https://app.adjust.com/n01yu7

Semoga sehat selalu. (FA)

08 Feb 2020, 16:50 WIB