Perdarahan Diluar Siklus Haid

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Selamat malam dok, sudah 3bulan ini saya mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi, 2hari kebelakang saya berhubungan dengan suami, lalu setelah itu keluar bercak darah sampai malem, hanya pendarahan ringan, saya fikir memang itu darah menstruasi karna memang hari itu periode seharusnya saya menstruasi, tapi besoknya tidak keluar lagi darahnya, dan besok paginya keluar lagi flek coklat trs darah sedikit sedikit. apakah yg saya alami ini penyakit serius? karna setelah saya telat seminggu lalu mengkonsumsi obat pelancar haid, sepertinya malah darah menstruasi saya tidak teratur, malah sedikit2 keluarnya, sebelumnya saya tidak punya keluhan apa2 dan siklus haid saya normal2 seperti biasanya, hanya saja setelah telat seminggu dan mengkonsumsi obat pelancar haid itu, seperti ada keluhan kesini2nya. Apakah pengaruh dari saya sering bergadang dan kurang olahraga juga ya dok

11 Feb 2020, 08:32 WIB
dr. Arina Heidyana
dijawab oleh: dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan mengerti kekhawatiran Anda.

Gangguan haid memang bisa sangat membingungkan. Bentuknya pun bermacam-macam, salah satunya seperti yang Anda alami, yaitu perdarahan diluar siklus haid. Siklus haid normal yaitu 21 - 35 hari. Diluar dari itu berarti sudah tidak normal dan perlu diketahui apa penyebabnya. Ada 2 kemungkinan, bisa jadi masalah hormonal dan gangguan pada organ kandungan. Berikut berbagai penyebab perdarahan diluar siklus haid:

- 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Berat badan yang tidak normal

- Pasien dengan gangguan makan

- Faktor stress

- Kekurangan vitamin

- Masalah tiroid

- Dysfunctional uterine bleeding

- Endometriosis, adenomiosis

- Kehamilan ektopik

- Hiperplasia endometrial

- Polip

- Penggunaan kontrasepsi

- Kanker leher rahim

- Penyakit radang panggul

Ada banyak memang kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami. Menurut saya, keluhan tersebut tidak ada hubungannya dengan sering begadang dan kurang olahraga. Untuk mengetahui pasti penyebabnya, harus dengan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan agar dilakukan tanya jawab yang lebih lengkap dan pemeriksaan fisik (USG). Izinkan saya bertanya, apakah ada keputihan yang berbau? Apakah ada riwayat penggunaan KB? Apakah ada riwayat gonta-ganti pasangan seksual? Saya juga menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan IVA atau papsmear untuk mendeteksi dini apakah hal ini disebabkan oleh penyakit serius atau bukan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Saudari dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun dengan mendownload aplikasi KlikDokter melalui Play Store di Android maupun iOS. 

Semoga Saudari lekas membaik. 

11 Feb 2020, 08:32 WIB