Penis Sering Lecet

Info Penanya, pria 35 Tahun

dok,, mau tanya. kulit bagian dalam lipatan penis dalam saya sering banget lecet ketika berhubungan belakangan ini. dan ketika saya mandi sering seperti muncul daki di bagian kulit tersebut berwarna putih. apa yang harus saya lakukan dok...

17 Feb 2020, 09:12 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah penis lecet dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sejak kapankah keluhan muncul? apakah luka hanya berupa lecet/goresan atau cukup besar hingga menyebabkan perdarahan? Hal yang terpenting dalam merawat luka adalah menjaga kebersihan luka agar tidak sampai terinfeksi (kotor), ataupun lembab sehingga mudah sembuh. Apabila luka tidak kunjung membaik atau bahkan hingga menimbulkan kemerahan atau bengkak biasanya menandakan sudah terjadi infeksi, sehingga kadang perlu diberikan antibiotik salep dan minum. Untuk menghilangkan rasa sakitnya diberikan analgetik atau obat penghilang rasa sakit. Kompres luka dengan larutan antiseptik. Namun ada baiknya bila anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi luka baik.

Timbulnya daki didahului oleh penumpukan kulit mati disertai kotoran, yang tidak dibersihkan secara sempurna. Bila proses pembersihan yang tidak sempurna ini berlangsung terus menerus, maka daki akan terus menumpuk dan semakin sulit dibersihkan (disertai warna kulit yang tampak menggelap). Kami sarankan agar Anda mandi dengan bersih, yaitu menggosok badan secara menyeluruh dengan sabun, terutama daerah lipatan yang seringkali terlewatkan. Penumpukan kulit mati dan kotoran yang terletak pada lipatan seringkali sulit dibersihkan dan terlewatkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penis lecet. Semoga bermanfaat.

Salam,

17 Feb 2020, 09:12 WIB