Penyebab Benjolan di Vagina

Info Penanya, wanita 25 Tahun

saya mau tanya apakah benjolan dibawah vagina itu berbahaya?

26 Feb 2020, 09:20 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan vagina melalui fitur Tanya Dokter

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vaginaLipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya.

Berikut beberapa artikel terkait yang dapat Anda simak:

Ada Benjolan di Vagina, Haruskah Panik?

Ada Benjolan di Vagina, Kapan Harus Khawatir?

Benjolan di Vagina Bisa Disebabkan oleh 6 Kondisi Ini

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store dan App Store: https://www.klikdokter.com/download-aplikasi

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai benjolan vagina. Semoga bermanfaat.

26 Feb 2020, 09:20 WIB