Hasil Testpack Garis 2

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok istri saya telat datang bulan , terakhir datang bulan tgl 9 januari , dan uji coba dengan tespek hasilnya garis 2 itu menandakan apa ya ?

26 Feb 2020, 07:53 WIB
dr. Arina Heidyana
dijawab oleh: dr. Arina Heidyana

Selamat Pagi Pak, Saya mengerti keluhan Anda. 

Testpack merupakan alat yang umum digunakan oleh wanita untuk mengetahui kehamilan. Hasilnya bisa dua, yaitu garis satu dan garis dua. Garis 1 menandakan negatif dan 2 menandakan positif. Pemeriksaan testpack cara kerjanya dengan mendeteksi hormon kehamilan dalam tubuh, yaitu human chorionic gonadotropin (hCG). Keakuratan alatnya pun cukup tinggi, yaitu 99%. Jadi, apabila hasil testpack istri Anda garis dua maka kemungkinan besar memang positif hamil. 

Namun masih mungkin terjadi positif palsu. Hal-hal yang bisa menyebabkan positif palsu seperti:

  • Terlalu lama membaca hasil
  • Cara penggunaan testpack yang salah

Jadi, sebaiknya dalam waktu 1 minggu, diulang lagi pemeriksaan tesnya. Jika garis dua semakin kelihatan, maka istri Anda memang hamil. Untuk pemeriksaan pasti mendeteksi kehamilan adalah dengan cek darah. Istri Anda bisa melakukannya di puskesmas maupun rumah sakit terdekat. Jika hasil positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian di dokter kandungan.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun dengan mendownload aplikasi Klikdokter melalui PlayStore atau Apps Store.

Semoga sehat selalu. 

26 Feb 2020, 07:53 WIB