Benjolan di Mata

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok, saya mau tanya. Jadi sekitar 3 minggu yang lalu ketika saya sedang menggunakan contact lens tbtb mata saya tidak nyaman, sakit, dan merah. Kemudian saya tidur, saat bangun tidur mata kanan saya bengkak dan ada benjolan dan sakit. Lalu saya obati dengan tetes mata dan salep untuk mata dan alhamdulillah sembuh dalam waktu 1 minggu, Namun sampai skrg masih ada benjolan kecil di mata saya namun tidak sakit. Hal ini membuat saya menjadi agak sayu sebelah. Kira2 apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkan benjolan ini ya dok? dan apakah berbahaya?

26 Feb 2020, 10:43 WIB
dr. Arina Heidyana
dijawab oleh: dr. Arina Heidyana

Selamat Pagi, 

Saya mengerti keluhan Anda dan memahami kekhawatiran yang dirasakan.

Penggunaan kontak lens yang salah dan tidak bersih memang bisa menyebabkan iritasi pada mata, seperti nyeri dan merah. Sebaiknya diperhatikan lagi cara penggunaan dan kebersihan sebelum menggunakan kontak lens. Untuk benjolan di mata, Apakah benjolan tersebut berada di kelopak mata atau di bola mata? 

Benjolan di kelopak mata bisa disebabkan karena 2 hal yang tersering, yaitu hordeolum (bintitan) dan kalazion. 

  • Hordeolum adalah peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata yang disebabkan karena infeksi. Gejalanya berupa nyeri, bengkak, kemerahan dan kadang terdapat nanah. Umumnya bintitan bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun bisa juga dengan mengompresnya ddengan air hangat selama 10-15 menit. 
  • Kalazion adalah pembengkakan atau benjolan kecil yang muncul di kelopak mata akibat penyumbatan saluran kelenjar minyak atau meibom. Gejala yang dirasakan berupa mata bengkak, ada rasa mengganjal pada mata, kulit disekitar benjolan memerah dan mata sering berair. Penanganannya sama dengan hordeolum, yaitu kompres air hangat, lakukan pemijatan ringan setelah kompres dan rajin membersihkan kelopak mata. 

Kedua penyebab benjolan di kelopak mata diatas tidak berbahaya, cukup dengan melakukan penanganan seperti diatas dan benjolan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika benjolannya berada pada bola mata, sebaiknya langsung memeriksakan mata Anda ke dokter mata terdekat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun dengan mendownload aplikasi Klikdokter melalui PlayStore atau Apps Store.

Semoga Sdri sehat selalu. 

26 Feb 2020, 10:43 WIB