Menurunkan Asam Urat

Info Penanya, pria 42 Tahun

Selamat pagi dok, saya mau tanya kemarin saya cek asam urat sewaktu , hasilnya 13.8 . Saya kaget sekali padahal 2 bulan yg lalu normal 6.4. Apa yg menyebabkan bisa naik 2 kali lipat? Adakah cara alami menurunkannya? Tq bgt dok.

16 Mar 2020, 14:49 WIB
dr. Bobtriyan Tanamas
dijawab oleh: dr. Bobtriyan Tanamas

Terima kasih telah berkonsultasi seputar menurunkan asam urat pada fitur Tanya Dokter

 

Berikut merupakan tips-tips yang dapat membantu anda untuk mengurangi gejala diatas dan dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa dihambat oleh rematik. 

- Konsultasi kan penyakit arthritis rheumatoid anda dengan dokter ahli reumatologi. Hal ini sangat penting untuk menentukan pengobatan mana yang tepat untuk anda.  Apabila anda sudah mendapatkan pengobatan yang tepat, tetap teruskan obat-obatan sesuai dengan indikasi. 

- Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain bila sedang mengalami nyeri atau lainnya.

- Tetap melakukan olah raga. Olah raga merupakan satu hal yang penting untuk menjaga anda tetap mobil (bergerak). Saat anda menggerakkan sendi, anda sudah menjaga sendi anda kuat dan fleksibel

- Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan untuk menggunakan tongkat pada sendi yang sakit. Selain itu gunakan sepatu yang cocok untuk kaki anda. Dengan menggunakan sepatu yang cocok untuk menopang anda akan mengurangi nyeri dan jatuh. Istirahat yang cukup. Peneliti menganjurkan jika kita tidur yang cukup dapat mecegah kelelahan dan nyeri.

- Makan makanan yang sehat. Masih banyak penelitian yang dikerjakan mengenai hubungan makanan dan arthritis rheumatoid (rematik). Anda dianjurkan makan makanan yang rendah lemak dan kalori, kaya akan buah, sayuran dan gandum.Terapi panas dan dingin.

- Terapi panas dan dingin dianjurkan untuk menghilangkan nyeri dan meningkatkan mobilitas sementara pada sendi yang kaku. kompres panas dapat menurunkan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Sedangkan compress dingin dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dan sangat membantu mengurangi rasa nyeri

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

16 Mar 2020, 14:49 WIB