search

Bengkak di Bawah Daun Telinga

Selamat malam dok. Saya mau bertanya, secara tiba2 ada pembengkakan di bawah daun telinga saya, hal itu membuat saya sakit kalau menelan dan di barengi dengan meriang. Tolong dokter jelaskan penyebabnya dan pengobatan apa yang bagus. Terimakasih dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 36 Tahun16 Mar 2020, 04:50 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik terarah untuk mengetahui penyebab bengkak di bawah telinga Anda. Penyebab bengkak di daerah tersebut dapat akibat pembengkakan kelenjar getah bening auricular, peradangan jaringan otot atau urat (tendon), dan lain sebagainya. Pembesaran kelenjar getah bening (KGB) dapat disebabkan oleh suatu proses infeksi lokal ataupun sistemik, penyebaran kanker dari organ lain atau tanda kanker. Pembesaran KGB dapat bersifat jinak maupun ganas.

Salah satu kemungkinan penyakit yang mungkin Anda derita adalah gondongan. Gondongan atau mumps merupakan suatu infeksi virus yang menular yang menyebabkan pembengkakan kelenjar liur pada satu atau kedua sisi disertai nyeri. Umumnya infeksi ini didapatkan pada anak-anak usia 2 - 15 tahun. Pada orang dewasa gejalanya lebih berat dan dapat menyerang testis, sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara, dan organ lainnya.

Namun, sulit untuk memastikan penyebab benjolan tersebut tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Sebagai contoh, kami tidak tahu di mana lokasi persis benjolan yang Anda sebutkan? Bagaimana konsistensinya? Apakah benjolan tersebut dapat digerakkan? Apakah sudah diobati? Apa obatnya? Adakah nanah? Bagaimana daerah sekitarnya? Pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab adalah:

Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?

Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?

Berapa jumlahnya?

Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?

Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?

Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?

Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?

Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Selain itu, dengan pemeriksaan fisik pun biasanya belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. Mengingat keterbatasan kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

 [bacajuga:Baca Juga](3629494 3636204 0)

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Benjolan di Ketiak

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Benjolan di Leher

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Benjolan di Leher dan Belakang Telinga

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Pertanyaan - #256400

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Gondongan dan Bengkak di Testis

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat