Benjolan Bekas Sariawan Makin Besar 21 Maret 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Benjolan Bekas Sariawan Makin Besar

Ass dok, bibir saya ada benjolan bekas sariawan tp knpa bekas nya g ilang ya mlh makin gede, tp g sakit doang. Ini knp ya dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun21 Mar 2020, 10:49 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang benjolan bekas sariawan makin besar melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengaenai sariawan. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Pada beberapa kasus tertentu memang sariawan timbul berulang.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami Anda mengalami suatu mucocele, yaitu kantong berisi cairan lendir. Mucocele adalah Lesi(luka iritasi) pada mukosa mulut yang diakibatkan oleh pecahnya saluran kelenjar liur dan keluarnya mucin ke jaringan lunak disekitarnya. Umumnya disebabkan oleh trauma local, misalnya bibir yang sering tergigit saat makan, terkena pukulan di wajah, tindikan atau penyumbatan pada saluran kelenjar liur minor ataupun efek samping dari obat-obatan yang mempunyai efek mengentalkan ludah. Mucocele berwarna kebiruan, tidak sakit dan tidak gatal. Mucocele umumnya timbul pada bibir bawah bagian dalam, namun dapat pula muncul pada lidah, langit-langit mulut, pipi bagian dalam, dan dasar mulut. Umumnya mucocele tidak nyeri, namun dapat mengganggu aktivitas makan maupun berbicara. 

Mucocele merupakan kondisi yang tidak berbahaya namun dapat menetap bila tidak ditangani dengan baik. Pada sebagian kasus mucocele dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan apapun. Namun pada sebagian kasus lainnya diperlukan tindakan khusus seperti:

- Injeksi kortikosteroid intralesi: penyuntikan kortikosteroid ke dalam benjolan untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan, biasanya dilakukan sebelum pembedahan. Jika berhasil maka tidak perlu dilakukan pembedahan.

- Cryotherapy: pengangkatan benjolan dengan teknik pembekuan.

- Terapi laser: penembakan sinar laser untuk mengangkat benjolan.

Untuk menghindari kekambuhan atau menangani kasus mucocele yang berat akan dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat benjolan atau bahkan kelenjar liur seluruhnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan seperti biopsi (terutama bila ukuran benjolan lebih dari 2 cm, berbentuk tidak teratur, atau tidak terdapat riwayat trauma).

 Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

- Mucocele Dapat Berubah Menjadi Kanker Mulut? 

- 5 Alasan Mengapa Anda Sering Sariawan

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai benjolan bekas sariawan makin besar, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Sariawan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Luka pada Lidah Anak

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Cara Menyembuhkan Sariawan

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Sering Sariawan Setelah Minum Kopi

Dijawab oleh:dr. Bobtriyan Tanamas

Hubungan konsumsi makanan berbahan nitrogen cair dan sariawan

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat