Mengatasi Rahang Bawah Yang Maju 06 April 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mengatasi Rahang Bawah Yang Maju

Hallo dok. Saya wanita berumur 25 tahun. Sebetulnya saya udh merasa risih dgn penampilan sya dr kecil krna rahang bawah sya lebih maju. Kalau saya putuskan untuk pakai kawat gigi. Apa bisa memperbaiki posisi rahang bawah saya dok ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun06 Apr 2020, 10:47 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa perawatan orthodonti bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal seperti pada gigi gingsul atau gigi yang maju mundur hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Berdasarkan keterangan yang anda berikan bahwa rahang bawah anda agak maju ke depan memiliki dua kemungkinan. Apakah masalahnya hanya sebatas masalah dental (gigi) saja tanpa melibatkan skeletal atau kelainannya memang kelainan skeletal (rahang). Kelainan skeletal pun ada beberapa kemungkinan, bisa rahang atas normal tapi pertumbuhan rahang bawah berlebihan, atau rahang atas kurang berkembang sedangkan rahang bawah normal, atau kombinasi keduanya. Masing-masing kelainan tersebut memiliki cara pendekatan yang berbeda untuk rencana perawatannya.

Oleh karena itu, Guna memastikan terapi terbaik bagi kondisi gigi Anda maka dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis orthodontiyang berkompeten dalam melakukan perawatan orthodonti mengingat kasus gigi anda cukup sulit karena meliputi kelainan rahang.

Baca juga :

Mengenal Perawatan Orthodontik

- Untuk Pemula, Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel

Pasang Behel di Tukang Gigi, Ini Risikonya!

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter.

Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Gigi Hilang Bisakah Menggunakan Behel?

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Tahapan Perawatan Behel

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Mengatasi Gigi Gingsul

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Alat Braces Lepas, Berbahayakah?

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Merapikan Gigi Selain Dengan Bracket

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat