Mata Anak juling / strabismus 15 April 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Mata Anak juling / strabismus

Anak sya berusia 2,5 tahun. Awalnya ketika umur 2 tahun, anak sya suka di kasih tontonan di layar HP oleh suami,dari situ anak saya jika melihat layar TV atau ngelamun tiba tiba bola mata sebelah kirinya bergerak kepojok kanan. Dok, bagaimana cara mengatasinya? Apa karena kebiasaan?

Lihat Selengkapnya
wanita, 29 Tahun15 Apr 2020, 01:26 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar mata anak yang tidak sinkron seperti juling melalui fitur Tanys Dokter.

Pada anak dengan penglihatan normal, kedua mata bekerja sama sinkron dalam memandang suatu objek, memandang pada satu titik sehingga akan timbul sebuah persepsi kedalaman akan objek tersebut.

Namun pada anak dengan mata juling, kedua mata memandang ke dua titik yang berbeda. Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya.

Deteksi dan Tangani Sedini Mungkin!

Kondisi juling pada medis dikenal dengan istilah strabismus. Kondisi ini masih dapat ditangani jika di deteksi pada masa awal-awal pertumbuhan bayi. Karena pada masa ini, penglihatannya binokularnya belum terbentuk sempurna.

Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam, dan sangat tergantung dari penyebab kondisi mata juling pada anak. Berikut paparan penanganan dan sebabnya:

Bila dikarenakan kelemahan otot penggerak bola mata, dapat dilakukan operasi untuk memperbaikinya.Bila dikarenakan kelainan pembiasan cahaya dapat digunakan kacamata untuk memperbaiki mata yang juling. Oleh karena itu, jika anak Anda menginjak usia awal 6 bulan, maka perhatikan secara seksama keadaan mata anak Anda, apakah keduanya lurus saat memandang ke satu objek atau tidak.

Jika ditemukan tanda yang mencurigakan, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat sebelum terlambat. Karena penanganan yang terlambat dapat menyebabkan hanya satu mata si anak yang akan berusaha menginterpretasikan objek yang dilihat, sedangkan mata yang lain berhenti bekerja sehingga akan timbul masalah baru berupa mata malas atau ambliopia.

Berikut beberapa artkel terkait yang bisa anda baca.

Baca Juga

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mata tetap Juling setelah Operasi, Bagaimana Penanganannya?

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Pandangan mata kacau, akibat epilepsi?

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Pandangan mata kacau akibat epilepsi

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

Penanganan Mata Juling

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Mata Tidak Fokus

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat