Nyeri Saat Haid

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Siang dok, mau bertanya kan sekarang saya haid hari ke 5 , waktu haid hari ke1-2 disminore terus hari ke 3-4 nya sudah ga diminore lagi dan sekarang hari ke 5 disminore lagi apakah itu masih dalam keadaan normal atau bagaimana?

16 Apr 2020, 00:28 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Terdapat dua jenis dismenorea, yaitu primer dan sekunder. Dismenorea primer disebabkan oleh peningkatan senyawa prostaglandin. Seiring berjalannya waktu haid, kadar prostaglandin di rahim akan berkurang sehingga nyeri yang dihasilkan pun juga berkurang. Biasanya dismenorea primer muncul di awal haid pertama, dan akan membaik seiring bertambahnya usia.

Sedangkan dismenorea sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem reproduksi wanita. Umumnya wanita yang mengalami dismenorea sekunder akan merasakan nyeri haid yang lebih berat dibanding biasanya. Ada beberapa gangguan sistem reproduksi yang biasanya memicu nyeri haid berlebih, seperti:

  • Endometriosis
  • Adenomiosis
  • Fibroid

Untuk menangani nyeri haid, Anda dapat meletakkan kompres hangat di bagian perut bawah selama 10-15 menit sembari memijat perut dengan jari tangan. Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri seperti asam mefenamat atau parasetamol bila nyeri tidak kunjung berkurang dengan kompres hangat.

Jika Anda mengalami nyeri haid berkepanjangan dan tidak membaik meski sudah mengonsumsi obat, segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari penyebabnya. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dimulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, hingga pemeriksaan penunjang berupa USG untuk melihat keadaan organ reproduksi Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai penyebab nyeri saat haid. Jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat haid datang.

Salam

16 Apr 2020, 00:28 WIB