Sariawan Di Mulut

Assalamualaikum dok, saya seorang ibu rumah tangga.. Saya sering mengalami sariawan ,bahkan suka ngilu di mulut , penyebab nya apa ? Dan bagaimana cara mengatasi nya , dengan obat herbal bisa kah?

Lihat Selengkapnya
pria, 22 Tahun16 Apr 2020, 03:33 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo Saudari,

Saya menegrti keluhan yang Anda rasakan,

Menderita sariawan yang susah sembuh dan nyeri memang sangat mengganggu. Penyebab sariawan belum dapat diketahui secara pasti, namun bisa dipicu oleh beberapa factor pencetus: seperti stres, alergi makanan, luka/trauma di mulut seperti gigi palsu yang tajam, sikat gigi terlalu kencang, infeksi virus atau bakteri pada mulut, mulut kering, perubahan imunitas, perubahan hormonal, akibat pemakaian obat-obatan tertentu, siklus haid, atau minuman yang asam.

Namun terkadang sariawan juga merupakan tanda dari adanya suatu penyakit sistemik, oleh karena itu penting untuk menegakkan diagnosis yang tepat untuk mengetahui penyebab pastinya dan menentukan terapi yang sesuai. Untuk mengobati sariawan adalah dengan pengobatan simtomatik, yaitu dengan mengobati gejala-gejala yang timbul. Seperti mengurangi rasa sakit, serta mencegah terjadinya sariawan baru.

Biasanya sariawan akan hilang dengan sendirinya. Tetapi bila sariawan tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu maka kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter gigi spesialis Penyakit Mulut, agar segera dapat diketahui faktor penyebabnya dan segera ditangani.

Baca juga:

Sariawan

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu

Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter.

Demikian informasi yang kami berikan, Semoga bermanfaat. Semoga lekas membaik.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat Sariawan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Sariawan Sakitnya Sampai Tulang Pipi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Perbedaan Sariawan Gejala HIV Dan Sariawan Biasa

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Benjolan Bekas Sariawan Makin Besar

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Seputar Sariawan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk