Sariawan Banyak Dan Gusi Berdarah

Dok. Saya mengalami sariawan di mulut bagian dalam. Namun menurut saya ini tidak biasa. Karna sariawan saya lebih dari satu. Dan mulut terasa kering walaupun sudah banyak minum air. Kadang jika berkumur malah berasa menjadi tambah kering. Dan kadang gusi saya juga berdarah tanpa sebab. Ini sudah saya alami lebih dari 1minggu. Apa ini cuma sariawan biasa atau bukan dok? Dan bagaimana cara mengobatinya?

Lihat Selengkapnya
pria, 20 Tahun26 Apr 2020, 10:43 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang sariawan banyak dan gusi berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami akan menjelaskan seidkit tentang sariawan. Sariawan atau Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik atau keturunan dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari. Jadi sampai saat ini sariawan anda masih tergolong sariawan biasa.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi buah dan sayur dan juga konsumsi vitamin C dan vitamin B kompleks. 

Untuk menghilangkan bisa dengan berkumur dengan obat kumur yang mengandung Chlorhexidine, yang dijual bebas di apotik. Berkumur dengan Chlorhexidine ini juga bisa mengurangi gejala gusi berdarah. Cukup berkumur 2 kali sehari setelah sikat gigi pagi dan malam selama 1 minggu, yang pasti sariawannya harus kena ya. Dan untuk kasus anda harus banyak minum air putih, sebanyak minimal 8 gelas sehari. Setelah itu kita akan eveluasi lagi 1 minggu. 

Sedangkan keluhan gusi berdarah biasanya adalah gejala radang gusi akibat penumpukan karang gigi. Kapan terakhir kali anda membersihkan karang gigi di dokter gigi? Kami sarankan setelah meredanya pandemik corona ini sebaiknya segera lakukan pembersihan karang gigi / scaling di dokter gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca;

- Kenali Cairan Terbaik untuk Atasi Sariawan

- Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?

- Tak Hanya Kurang Vitamin C, Ini 7 Alasan Anda Sering Sariawan

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sariawan banyak dan gusi berdarah, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Sariawan Kambuh Tiap Bulan Apa Karena Gigi Impaksi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Sariawan Di Mulut

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Obat Sariawan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Sariawan Sakitnya Sampai Tulang Pipi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Perbedaan Sariawan Gejala HIV Dan Sariawan Biasa

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk