Mengobati Sariawan Yang Sering Muncul 26 April 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mengobati Sariawan Yang Sering Muncul

dok jadi 3 hari yang lalu saya melakukan operasi kecil, yang membuat satu gigi geraham disebelah kiri dan satu dikanan harus dicabut, sebelum operasi saya memiliki sariawan di bibir bawah dan di pipi kanan. setelah operasi sariawan itu tdk kunjung sembuh padahal sdh satu minggu lebih (yg di pipi kanan udh sembuh). lalu tadi pagi saya bangun tdr, muncul tiga sariawan, satu di bibir atas dekat gingsul, satu di graham kiri bawah yg habis dicabut, dan satu lagi di bibir bawah dekat sariawan yg blm sembuh. klo boleh tau itu penyebabnya kenapa ya dok, apa ada pengaruhnya pasca operasi? dan bagaimana cara mengobatinya

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun26 Apr 2020, 10:46 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang Mengobati sariawan yang sering muncul melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami akan menjelaskan sedikit tentang Sariawan. Sariawan atau Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR)  belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Operasi kecil pencabutan geraham itu termasuk trauma lokal dalam mulut. Jadi bisa saja beberapa sariawan  disebabkan karena hal itu. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral dan banyak konsumsi buah dan sayur. Untuk membantu penyembuhan bisa kumur dengan obat kumur yang mengandung Chlorhexidine. Lakukan 2 kali sehari setiap pagi dan malam setelah sikat gigi, selama 1 minggu. 

Jika sariawan belum hilang dalam waktu 2 minggu, Sebaiknya Anda kansultasikan secara langsung kondisi yang Anda alami pada dokter gigi spesialis penyakit mulut (SpPM).

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

- Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

- Kenali Cairan Terbaik untuk Atasi Sariawan

- 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Mengobati sariawan yang sering muncul, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat