Penyebab Haid Dua Kali Sebulan

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Permisi dokter... Jadi 1 bulan lalu saya sudah haid selama kurang lebih 9 hari. Lalu 2 minggu kemudian saya haid lagi, kurang lebih ini hari ke 9. Dan darahnya berwarna hitam tapi tidak berbau, juga darah haidnya tidak banyak. Kira- kira apa yang harus saya lakukan dok? Apa tidak apa2?

01 May 2020, 12:21 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keluhan yang Anda sebutkan adalah haid 2 kali dalam sebulan. Berapa lamakah siklus menstruasi Anda? Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Kegemukan atau indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai haid sebulan dua kali. Semoga bermanfaat. Salam.

01 May 2020, 12:21 WIB