search

Penyebab Bintik di Penis

pagi, saya seorang pria, sebelumnya belum pernah melakukan aktivitas seksual. seminggu yg lalu saat mandi saya baru memperhatikan dibagian bawah kepala penis saya, mgkn disebut leher penis ada 1 bintik kecil, ukurannya sebesar bruntusan /jerawat2 kecil pada muka, saya coba pencet, tidak berair dan warnanya putih tanpa kemerahan. apakah ini berbahaya? sekedar info tambahan saya tidak mengalami gelaja nyeri, sakit, gatal, perih pada bagian penis saya. mohon informasinya dok. terima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 29 Tahun05 Mei 2020, 01:31 WIB

dr. Dyah Novita Anggraini

Dijawab oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sejak kapan Anda mengalaminya? Ada beberapa penyebab bintik pada kepala penis, yaitu :

1. Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules)

Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) biasanya diiring dengan munculnya:

bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing,diameternya kurang dari 0,5 cm,sewarna kulit atau terlihat keputihanbiasanya berlokasi di kepala penis.Biasanya tersusun mengelilingi kepala penis dalam beberapa baris. Bintik-bintik ini tidak berbahaya dan merupakan varian normal. Bintik-bintik ini tidak ditularkan melalui hubungan seksual.

2. Moluskum Kontagiosum

Bintik-bintik berbentuk kubah dengan lekukan di bagian tengahnya, diameternya dapat < 0,5 cm sampai berukuran sebesar biji jagung. Sewarna kulit atau kadang keputihan seperti lilin. Dapat terletak di mana saja sepanjang penis dan di daerah sekitar kemaluan. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dan disebabkan oleh virus poks.

3. Herpes Genitalis (Herpes Simpleks)

Bintil-bintil berisi cairan jernih atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II. Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

4. Infeksi Jamur (Balanitis Kandida)

Bintil-bintil berdinding tipis dan berisi cairan nanah. Lokasinya biasanya terletak di daerah kepala penis dan lekukan kepala penis. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur dan didapatkan dari kontak seksual dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur.

5. Skabies

Skabies adalah kelainan dapat berupa bintik-bintik kemerahan atau bintil-bintil berisi cairan jernih atau nanah. Terasa gatal terutama di malam hari. Ditularkan dalam kelompok oleh parasit Sarcoptes scabiei. Daerah lain yang dapat terkena adalah sela jari tangan, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian luar, lipat lengan bagian dalam, pusar, bokong dan perut bagian bawah.

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar berobat ke dokter kulit dan kelamin untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Bintik di Penis

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Luka di Penis

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Adakah Makanan Memperbesar Penis?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Cara Memperbesar Penis

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Adakah Cara Memperbesar Penis?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat