Sariawan di Langit-Langit Mulut 31 Mei 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Sariawan di Langit-Langit Mulut

Kak saya mau nanya saya sariawan di langit2 mulut sama di rahang gigi. sariawan di rahang udah agak bengkak gmn cara ngobatinnya saya udh kumur air garam masih sakit, saya juga minum madu juga masih sakit

Lihat Selengkapnya
pria, 15 Tahun31 Mei 2020, 09:53 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang sariawan di langit-langit mulut melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan, kami akan menjelaskan sedikit tentang sariawan. Sariawan atau SAR merupakan penyakit yang umum ditemukan dan penyebabnya belum dapat dipastikan tapi terkait dengan beberapa faktor seperti stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik dan tidak berhubungan dengan berhentinya kebiasaan merokok. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayuran.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya Anda  berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya.  Jika keluhan sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu, maka walaupun kita masih dalam pandemik corona sebaiknya tetap lakukan peneriksaan ke dokter gigi. Sementara sambil menunggu pemeriksaan ke dokter gigi, kumur dengan obat kumur yang mengandung Chlorhexidine. Lakukan 2 kali sehari pagi dan malam setelah sikat gigi, dalam 1 minggu. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Kenali Cairan Terbaik untuk Atasi Sariawan

Penyakit Sariawan

Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sariawan di langit-langit mulut, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bibir Kering

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Lidah Berubah Putih Seperti Sariawan Dan Sakit Saat Makan

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Sariawan Banyak Hampir Sepenuh Mulut dan Gusi Bengkak

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Sariawan Banyak Dan Gusi Berdarah

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Sariawan Kambuh Tiap Bulan Apa Karena Gigi Impaksi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat