Penyebab Bintik Putih di Langit-Langit akibat Abses Gigi

Malam dokter, Soal gigi, saya punya tambalan gigi sementara (perawatan akar gigi) sejak tahun 2016 sampai sekarang tambalan tsb masih ada, muncul bintik putih di kiri-kanan langit2 mulut ada 2 titik putih yg paling mencolok di dekat gigi graham yg paling belakang. Apakah itu wajar dok karena zat tambalan smentara yg sudah bertahun2 tidak dilepas? ,kalau harus dilepas apa boleh saya lepas sendiri? Saat ini saya belum cukup dana untuk ke dokter gigi. Yg saya rasakan di mulut saat ini normal saja tidak terasa kaku atau aneh, tenggorokan pun rasanya baik2 saja tidak ada nyeri sedikitpun. Terakhir, selama bertahun2 tiap kali makan saya hanya menggunakan gigi bagian kanan karena masalah gigi berlubang ini, akibatnya gigi yg bagian kiri banyak plak apakah dokter punya saran untuk meminimalkan efeknya ke gigi dan bagian lainnya untuk menghindari kemungkinan terburuk muncul kanker. Demikian dok trimakasih.

Lihat Selengkapnya
pria, 25 Tahun28 Jun 2020, 11:13 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab bintik putih di langit-langit akibat abses gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami ingin menanyakan darimana anda yakin bahwa tambalan sementara tersebut tidak lepas? Mengingat katahanan tambalan sementara hanya 1-2 minggu. Tambalan sementara tersebut mungkin saja hilang sudah lama, tapi karena kondisi gigi sudah mati jadi tidak terasa apa-apa. Kemudian adanya bintik putih tapi tidak sakit yang lokasinya di langit-langit, kondisi itu mengarah adanya abses gigi yang terjadi di ujung akar gigi yang sudah dirawat saluran akar, karena perawatan saraf gigi yang tidak tuntas serta  adanya kebocoran atau hilangnya tambalan sementara tersebut.

Ditambah lagi dengan penumpukan plak dan karang gigi di sisi kiri yang memungkinkan adanya abses pada gusi sehingga muncul bintik putih tersebut. Untuk mengatasi kondisi ini kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter gigi, untuk mencegah menyebarnya infeksi gigi ke area yang lebih luas, walaupun saat ini tidak terasa sakit sama sekali tapi tetap berbahaya.

Selain untuk pemeriksaan juga kami sarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi untuk mencegah terjadinya radang gusi. Untuk menghilangkan plak dan karang gigi tidak ada cara lain selain membersihkannya di dokter gigi. Anda bisa menggunakan fasilitas BPJS untuk melakukan perawatan gigi tersebut.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Kenali 5 Penyebab Wajah Bengkak

Gusi Bengkak Setelah Tambal Gigi, Ini Penyebabnya

Kenali Lebih Jauh tentang Infeksi Saluran Akar sebelum Makin Parah

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab bintik putih di langit-langit akibat abses gigi, semoga bermanfaat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Abses Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Benjolan Di Gusi Anak

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Abses Gigi Menjalar dan Bengkak ke Bagian Bawah Mata

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Penyebab Gusi Bengkak Dan Sangat Ngilu

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk