Gigi Permanen Copot

Dok saya mau tanya Gigi susu anak saya udh pernah copot trus ganti yg permanen, nah yg permanen ny copot karna k pentok pintu. Itu gigi ny bakalan tumbuh lagi ga ya dok trus gusi ny jadi hitam??? Mohon jawaban ny ya dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 25 Tahun13 Jul 2020, 09:50 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo Saudari,

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa, gigi manusia memiliki dua periode pertumbuhan yaitu gigi susu dan gigi permanen. Pada waktunya nanti gigi susu akan goyang, lalu tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal.

Jika gigi permanen yang sudah berganti tersebut copot atau tanggal, maka tidak ada lagi gigi yang akan menggantikannya. Oleh karena itu, agar fungsi pengunyahan dapat berfungsi dengan baik, giig permanen yang lepas harus segera digantikan dengan gigi tiruan. Sedangkan gusi yang berwarna hitam bisa terjadi akibat dari trauma benturan tersebut. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi untuk dipastikan kondisinya.

Baca juga:

Tahapan Tumbuh Gigi pada Anak

Gigi Anak Terlambat Tumbuh, Haruskah Khawatir?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Gigi Permanen Tumbuh Sebelum Gigi Susu Tanggal

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk