Kulit Terasa Sakit Saat Menyentuh Benda Dingin

Selamat pagi dok, kenapa ya jari tangan saya selalu sakit setiap kali bersentuhan dengan benda dingin atau dalam cuaca yang dingin? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
pria, 17 Tahun16 Jul 2020, 08:46 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan saraf atau neuropati melalui fitur Tanya Dokter.

Ketika seseorang menderita neuropati perifer, saraf-saraf di susunan saraf tepi telah rusak. Kerusakan saraf dapat timbul oleh berbagai macam penyebab, seperti bermacam penyakit, cedera fisik, gangguan mekanik saraf (terjepit), keracunan atau malnutrisi (kekurangan vitamin B).

Gejala khas dari neuropati adalah berkaitan dengan jenis saraf yang terkena. Jika saraf sensoris yang rusak, gejala umumnya termasuk kebas, kesemutan pada daerah yang terkena, sensasi seperti ditusuk-tusuk, atau nyeri. Nyeri yang berkaitan dengan neuropati dapat cukup kuat dan dapat digambarkan seperti nyeri tusuk, terpotong, terasa remuk, dan rasa terbakar. Pada beberapa kasus rangsangan tidak nyeri dapat diterjemahkan sebagai nyeri yang hebat atau nyeri juga dapat dirasakan bahkan tanpa ada rangsangan.

Untuk dapat menentukan penanganan dari neuropati maka tentunya harus diketahui apa penyebab polineuropati itu, sebab polineuropati hanyalah suatu gejala (bukan suatu entitas penyakit). Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi vitamin B untuk membantu menjaga kesehatan saraf terutama saraf tepi Anda.

Berikut beberapa artikel yang juga dapat Anda simak:

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Neuropati Perifer

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Nyeri pada Kaki

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Tangan dan Kaki Terasa Panas

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Nyeri di Ujung Jari

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Nyeri dan Panas pada Paha

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk