Mata bergerak-gerak dan kesemutan

Halo dok, kenapa ya dok kedua mata saya ini kayak kelilipan tapi rasanya bergerak2, apa mungkin kesemutan di area kelopak ya dok? Keadaan tsb selalu terjadi ketika terlalu lama kena air dan kipas angin. Selain mata juga saya punya keluhan kesemutan dan nyeri otot di anggota badan, kalau ditekuk sekalipun cuma sebentar bagian yang ditekuk tsb langsung kesemutan dan kaku dok.. kira2 kenapa yaa dok? Apa ada kaitannya dengan kerja berat pasca persalinan?, soalnya 2 hari pasca persalinan saya langsung kerja dok dan sekarang baru 3 bulan persalinan

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun24 Jul 2020, 01:53 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Dalam keadaan normal, mata memang memiliki mekanisme untuk bergerak atau sedikit 'bergetar' sendiri tanpa adanya rangsangan secara volunter. Namun, gerakan ini sangat minimal hingga biasanya tidak disadari oleh kita. Dengan keluhan Anda, Sulit bagi kami untuk menyatakan penyebab utama dari kondisi yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung serta wawancara medis yang akurat. Oleh karena itu untuk menghindari spekulasi yang dapat meresahkan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis mata agar dapat diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepat.

Rasa pegal-pegal yang dialami pada awal-awal masa nifas umum terjadi oleh karena Anda masih menyesuaikan diri dengan kesibukan baru sebagai seorang ibu yang tentu saja melelahkan. Pegal-pegal ini juga bisa semakin terasa apabila Anda sedang terinfeksi virus.

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
  • gangguan jantung dan pembuluh darah
  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • infeksi dan sindrom post-infeksi
  • gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
  • keganasan/tumor otak
  • dsb

Berbahaya atau tidaknya belum diketahui karena diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab kesemutan yang Anda alami. Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter.

Mata Sering Kedutan? Ini Artinya dari Sisi Medis 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Kesemutan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Tangan Kesemutan

Dijawab oleh:dr. Bobtriyan Tanamas

Nyeri Sendi dan Kesemutan yang Mengganggu Aktivitas

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Sebab Jari Sering Kesemutan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Apakah Kesemutan Itu Bisa Menjadi Berbahaya?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk