Makanan Untuk Penderita Diabetes

Dok saya mau bertanya Makanan apa sja yg boleh tidak boleh di konsumsi oleh orang yg mengalama gula darah tinggi dan obat apa yg paling bagus untuk menstabilkan gulah daranya?

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun27 Jul 2020, 11:48 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Penderita diabetes harus hati-hati dalam memilih makanan dan juga minumannya. Karena, jika gula darah tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi dari diabetes yang cukup beragam.

Pola makan penderita diabetes adalah diet rendah gula, lemak, dan garam. Selain itu kalori harian juga dibatasi sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing orang. 

Untuk karbohidrat, pilihlah yang karbohidrat kompleks dengan glikemik indeks rendah <55, seperti beras merah, jagung, gandum,dll. Sebaiknya hindari karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, gula, dan makanan yang mengandung tepung karena mengandung gula yang tinggi dan penyerapannya di tubuh sangat cepat sehingga Anda mudah lapar.

Untuk protein, pilihlah sumber yang baik, seperti ikan, ayam tanpa kulit, tahu,tempe, dan kacang-kacangan. Hindari juga mengolah protein tersebut dengan cara digoreng.

Untuk asupan serat, dapat Anda dapatkan dari sayur dan buah-buahan. Tidak ada batasan dan pantangan dalam pemilihan sayuran. Asalkan diolah dengan baik seperti direbus dan dikukus. Jika ingin ditumis, batasi penggunaan minyak dan garam.

Baca Juga

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Berbagai Keluhan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

kaki mati rasa serta betis dan jari kaki nyeri pada dm

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Panduan Makan Penderita Diabetes

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Luka di Kaki yang Lama Sembuh

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Hipertensi dan Diabetes Melitus

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk