Merasa Cemas dan Gelisah

Dok saya terus mengalami persaan aneh seperti khawatir akan terjadinya musibah,dan susah tidur apakah benar ini gejala dari Anxienty?

Lihat Selengkapnya
pria, 17 Tahun27 Jul 2020, 01:46 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih karena Anda telah bertanya seputar gelisah dan cemas dengan menggunakan fasilitas e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sudah berapa lama Anda merasakn hal ini? Apakah Anda sedang dalam tekanan atau banyak hal yang sedang dipikirkan? Apkah kondisi mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari?

Dugaan mengarah ke gangguan cemas masih tidak bisa disingkirkan. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dalam menegakkan diagnosis dan terapi selanjutnya. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda.

Pada umumnya, penatalaksanaan serangan panik dan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

Anda juga dapat mencoba mengatasi serangan cemas tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Kecemasan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Sulit Tidur Karena Mimpi Buruk

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Gangguan Kecemasan

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Buah Safarjal untuk Mengurangi Kecemasan?

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Sering Cemas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk