Mood Sering Berubah, Apakah Gangguan Mental

Dok sy mau tanya maaf sblmnya Sy mengalami mood yg berubah2 setiap harinya, sy sudah lama mengalami ini dr sy SMA, udah lama bgt ga seperti ini, terakhir setengh tahun lalu, dan skrg mulai LG, yg saya rasakan, sedih yg terus menerus, dan sedihnya tnp sebab , mood yg setiap hari berubah2 kdg pemarah, sedih, dan kdg baik seperti sblm2ny, kalo LG marah atau sedih bs menyakiti diri sendiri dgn self harm, bahkan yg biasanya ga betah drumah PGN keluar rumah skrg jd takut ketemu org2 dan suka menyendiri d dlm kamar , dan sy sudah tny dgn temen sy yg kuliah d psikolog katanya sy suruh datang ke psikolog/ psikiater yg profesional? Apakah ini perlu dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun30 Jul 2020, 11:35 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar mood mudah berubah melalui Tanya Dokter.

Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada yang mewarnai kehidupan psikologis kita. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal ketika mengalami peristiwa penuh tekanan. Bagaimana dengan Anda, adakah hal-hal yang memicu perubahan mood atau menjadi beban pikiran Anda sehari-hari?

Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi- mulai dari kesedihan pada bentuk depresi hingga rasa senang yang tidak realistis dan iritabilitas pada bentuk mania. Gejalanya pun bisa beragam, salah satunya dapat berupa perubahan mood yang terjadi secara cepat dalam waktu singkat. Gangguan mood sendiri masih diklasifikasikan menjadi berbagai diagnosis (berdasarkan DSM IV) misalnya: gangguan bipolar, depresi, disritmik, dsb. Untuk menentukan diagnosisnya dibutuhkan wawancara serta pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Wajar atau tidaknya, tentu bergantung dari derajat keparahan gangguan tersebut, tipe gangguannya, dll.

Untuk mencegahnya tentu cobalah untuk menjaga mood Anda. Memang terdengar sulit, namun cobalah untuk menjaga mood Anda tetap baik dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi dan menghindari pikiran-pikiran negatif pada diri Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis psikiatri untuk evaluasi yang lebih tepat.

Baca Juga

Dmeikian informasi seputar mood mudah berubah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

cepat marah, sedih, bahagia tidak dapat dikontrol

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk