Vitamin D untuk Penderita Autoimun

Apakah vitamin D yang baik untuk penderita autoimun Ankylosing Spondylitis

Lihat Selengkapnya
wanita, 40 Tahun04 Agt 2020, 07:24 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Ankylosing spondylitis adalah bentuk peradangan kronis dari tulang belakang. Peradangan kronis pada area ini menyebabkan nyeri dan kekakuan dalam dan sekitar tulang belakang. Dengan berjalannya waktu, peradangan tulang belakang yang kronis atau spondylitis dapat menjurus pada suatu penyatuan dari vertebra-vertebra, proses yang dirujuk sebagai ankylosis. Ankylosis menjurus pada kehilangan mobilitas dari tulang belakang.

Perawatan ankylosing spondylitis melibatkan penggunaan dari obat-obat untuk mengurangi peradangan dan/atau menekan imunitas, terapi fisik/fisioterapi, dan latihan. Obat-obat mengurangi peradangan pada tulang belakang dan sendi-sendi tulang dan organ-organ lain. Sedangkan Terapi fisik dan latihan membantu memperbaiki postur, mobilitas spine, dan kapasitas paru-paru.

Salah satu suplemen yang dapat dikonsumsi penderita ankylosing spondylitis adalah vitamin D. Selain untuk menjaga kekuatan tulang, vitamin ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dosis vitamin D yang disarankan untuk usia dewasa hingga 50 tahun adalah 200 IU per hari. Bagi mereka yang berusia 51-70 tahun membutuhkan 400 IU vitamin D per hari, dan lansia di atas 70 tahun membutuhkan 600 IU per hari.

Baca Juga

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Spondilitis

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk