Tenggorokan Sakit

dari tadi malam tenggorokan rasanya sakit, pilek sama pusing waktu dibuat tidur sama bangun

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun14 Sep 2020, 11:57 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan fitur tanya dokter. 

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Flu atau Pilek baru muncul 1-3 hari setelah terserang virus influenza. Gejala pada umumnya adalah pasien bersin dan hidung meler. Lendir yang keluar dari hidung berwarna putih dan bisa berubah menjadi kuning kental. Biasanya, gejala tersebut disertai demam dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Penyembuhannya hanya istirahat dan meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi obat hanya dilakukan kalau sangat diperlukan. Cukuplah istirahat, konsumsi vitamin, tetap konsumsi asupan makanan dengan gizi yang seimbang, banyak minum dan mengonsumsi buah dan sayuran.

Namun bila nyeri tenggorokan memberat dan lama sembuh, ditambah muncul gejala seperti anosmia (kehilangan penciuman), Anda patut mencurigai telah terjadinya infeksi COVID19 mengingat saat ini sedang pandemi.

Baca juga:

Sakit Tenggorokan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Seputar Sakit Tenggorokan

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Nyeri Tenggorokan, Apa Penyebabnya?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

sakit tenggorokan dan Covid19

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

sakit tenggorokan dan covid19

Dijawab oleh:dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk