Minum kopi dan multivitamin 15 September 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Minum kopi dan multivitamin

1. Apakah Joss C 1000 boleh diminum bersama obat lain ??? 2. Apakah boleh minum Kopi setelah minum Joss C 1000

Lihat Selengkapnya
pria, 55 Tahun15 Sep 2020, 10:07 WIB

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Terima kasih telah bertanya seputar minum kopi dan multivitamin melalui fitur Tanya Dokter.

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat mempercepat proses pencernaan dengan meningkatkan kontraksi usus. Jika multivitamin yang dikonsumsi bergerak cepat melalui saluran pencernaan, maka tubuh memiliki waktu lebih sedikit untuk menyerap vitamin yang terkandung di dalamnya. Bahkan beberapa vitamin bisa terlewat begitu saja tanpa sempat diserap tubuh.

Sebagai contoh, vitamin yang mengandung kalsium. Bila mengonsumsi vitamin ini usai minum kopi, kafein dapat mengeluarkan kalsium melalui urine dan feses.

Berdasarkan studi, setiap mengonsumsi 150 mg kafein atau setara dengan secangkir kopi, 5 mg kalsium di dalam tubuh akan hilang. Efek ini terjadi setelah beberapa jam mengonsumsi kafein. Jadi, Anda sebaiknya menghindari meminum kopi bersamaan dengan mengonsumsi vitamin yang mengandung kalsium.

Di samping itu, konsumsi multivitamin yang mengandung zat besi juga tidak boleh bersamaan dengan minum kopi. Mengapa demikian? Jawabannya yaitu kopi mengandung tanin (senyawa yang juga terkandung di dalam teh, sayuran hijau, dan kacang-kacangan) dan kafein.

Tanin dan kafein dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi, Anda sebaiknya juga menghindari meminum kopi berbarengan dengan mengonsumsi makanan atau vitamin yang mengandung zat besi. 

Selain itu, kafein di dalam kopi memiliki efek diuretik atau meningkatkan frekuensi berkemih. Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dapat berkurang ketika ada cairan yang hilang dari tubuh. Selain itu, metabolisme dan penyerapan beberapa vitamin B seperti vitamin B1 (tiamin) dapat terganggu karena kafein.

Ingat, sumber kafein tak hanya kopi, namun juga teh atau minuman berenergi. Jika sangat menyukai kopi dan membutuhkan konsumsi multivitamin, Anda sebaiknya memberikan jeda minimal setengah sampai satu jam dalam mengonsumsi keduanya.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Baca Juga

Terima kasih, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Kebutuhan Vitamin C untuk Ibu Menyusui

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Suntik vitamin C

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Mencampur vitamin c dan niacinamide pada skincare

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Berbahayakah Minum Vitamin C 1000mg Untuk Anak?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Obat Sariawan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat