Pen Tulang 13 November 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Pen Tulang

setelah pencabutan pen 9 tahun y.l posisi di bahu sebelah kiri, kenapa sekarang terasa kesemutan, susah di angkat dan bila mengangkat beban dengan tangan kiri merasa sakit, tidak kuat menahan? disebabkan karena apa dan obat nya apa Dok, terima kasih ,

Lihat Selengkapnya
wanita, 65 Tahun13 Nov 2020, 08:29 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terimakasih anda telah bertanya seputar Pelepasan Pen pada fitur Tanya Dokter.

Penggunaan pen pada suatu tindakan operasi ditujukan untuk mempertahankan posisi tulang pada posisi yang seharusnya(anatomis) hingga terbentuk proses pembentukan tulang saat penyembuhan.  Pada bidang orthopedi, terdapat berbagai jenis dan ukuran pen yang penggunaannya disesuaikan dengan jenis tulang yang mengalami gangguan. Mengenai waktu penggunaan pen ini disesuaikan dengan jenis pen, kemajuan proses penyembuhan/penyambungan tulang, usia, jenis kelamin, riwayat penyakit yang dimiliki dan beberapa faktor lainnya. Bahan yang digunakan sebagai pen adalah stainless dan titanium. Bahan titanium lebih banyak disukai karena kemungkinan reaksi penolakan yang lebih kecil, lebih ringan dan kuat. Umumnya, penggunaan pen yang berbahan stainless dilepas setelah tulang menyambung kembali dengan rata-rata waktu 1 hingga 2 tahun. Namun rentang waktu ini dapat bervariasi pada tiap orang dan kasus yang berbeda.

Pada dasarnya, setelah penyembuhan tulang sudah terjadi pen dapat dilepas. Proses penyembuhan setelah pelepasan pen seharusnya lebih cepat, karena penyembuhan/penyambungan tulang sudah terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa pen yang terlalu lama dipakai (tidak dilepas) berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, terutama infeksi. Selain itu, pen yang digunakan juga memiliki risiko pecah atau berubah bentuknya, sehingga lebih sulit untuk dilepas jika terlalu lama. Pada Anak yang masih dalam masa pertumbuhan, penggunaan pen yang terlalu lama melebihi jangka waktu yang disarankan dokter dapat menghambat proses pertumbuhan.

Pada kasus Anda, kami tidak dapat mengetahui kondisi Anda secara pasti karena tidak melakukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter yang mengoperasi Anda atau ke spesialis ortopedi agar Anda mendapatkan informasi yang lebih terperinci.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pelepasan pen. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Seputar Kaki Bengkak dan Kesemutann

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Mengurangi Gejala Neuropati Perifer

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Lutut dan Betis Nyeri, Apakah Berhubungan dengan Pasang Pen?

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Demam dan Kesemutan

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Sering Kesemutan dan Lemas

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat