Nyeri Otot setelah Olahraga 04 Desember 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Nyeri Otot setelah Olahraga

Ijin tanya dok. Saya melakukan kegiatan ekstrim dan sebelumnya belum pemaasan, besoknya saat pagi-pagi bagian perut sampai kaki mengalami pembengkakan tapi tidak ada rasa nyeri, dan saat beberapa hari pembengkakan tersebut ditambah dengan rasa nyeri saat ditekukkan, bagian paha terasa kencang dan bengkak. Untuk itu penyebabnya apa saja ya? dan solusi ringannya apa saja? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
pria, 16 Tahun04 Des 2020, 03:02 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kram otot merupakan kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba, tidak disadari, dan bisa terasa sangat menyakitkan. Pada kondisi ini, otot akan membentuk suatu tonjolan, tampak tegang, kencang, serta dapat dilihat dan dipegang. Kram otot paling sering terjadi pada betis dan umumnya berlangsung berkisar antara beberapa detik hingga hitungan menit. 

ada juga beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya kram otot, antara lain:

Olahraga berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukanGerakan tertentu yang tidak disadari saat tidur, penapasan yang terlalu cepat, udara yang terlalu dingin, dan sedang berpuasa.Kehamilan, terutama pada minggu ke-24 hingga minggu ke-36, juga dapat menyebabkan kram otot betis.Kaki bengkak akibat varises.Kekurangan zat besi seperti kalsium, natrium, dan vitamin Duntuk mencegah dan mengatasi kram otot dengan melakukan langkah-langkah ini:

Lakukan peregangan dan pemijatan otot ketika kram terjadi.Penuhi kebutuhan cairan minimal 8 gelas per hari.Batasi konsumsi alkohol atau kafein, karena dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan (dehidrasi).Regangkan otot betis beberapa menit sebelum tidur, dengan cara menarik jari-jari kaki ke arah lutut dan tungkai dalam keadaan lurus.Untuk mengurangi kekambuhan kram, terapkan diet rendah kalori, lemak, karbohidrat, garam, dan tinggi protein.Olahraga berenang, berendam di air hangat, serta pemijatan secara berkala juga dapat mencegah kambuhnya kram. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.Jika dengan cara tersebut keluhan dirasakan tidak berkurang dan memberat, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan,

Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat Nyeri Pergelangan Tangan

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Penyebab Nyeri Leher dan Pundak

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Nyeri Otot setelah Olahraga

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Nyeri Dada Kanan Hilang Timbul

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Nyeri pada Pundak dan Leher

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat