Menghilangkan Tompok Putih Pada Gigi 04 Desember 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Menghilangkan Tompok Putih Pada Gigi

Bagaimana cara yang ampuh bagi menghilangkan tompok-tompok putih yang menempel pada gigi?

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun04 Des 2020, 08:28 WIB

drg. Wiena Manggala Putri

Dijawab oleh:

drg. Wiena Manggala Putri

Halo Saudari,

Mohon maaf sebelumnya, saya kurang mengerti apa yang Anda maksud. Apakah tompok-tompok putih yang menempel di gigi maksudnya karang gigi? Bila benar karang gigi, Untuk membersihkannya, hanya dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic.

Dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar. 

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Pembersihan karang gigi juga perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya peradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu peradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi. Selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak.

Baca juga:

Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

Karang Gigi

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Rasa Nyeri Setelah Membersihkan Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Solusi Gigi Berlubang dan Banyak Karang Gigi

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Karang Gigi Bikin Makan Tidak Nyaman

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

Menghilangkan Kerak Gigi

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Ingin Pasang Behel Tapi Gigi Banyak Yang Berlubang

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat