Ukuran Penis dan Hormon Testosteron 21 Desember 2020 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Ukuran Penis dan Hormon Testosteron

dok saya mw tanya seputar andrologi, dok apakah saya punya masalah di hormon testosteron saya, saya belum pernah memeriksa ini sebelumnya, jadi dari saya kecil penis saya lebih kecil dari anak seusia saya, pernah ikut kemah dan mandi bareng temen saya di buli karena penis saya kecil, trus pada saat sunat, salah satu perawatnya bilang ini penisnya kecil tidak seperti yang lain, (nb : untuk saat ini perin saya saat ereksi hanya 8-9 cm), trus waktu kelas tiga SMP pun saya di bully karena suara saya masih cempreng dan belum keluar jakun, dan tanda2 pertumbuhan seksual pun sepertinya telat, apakah dari kondisi di atas ini saya perlu periksa lebih lanjut ke dokter spesialist, dan ini yang membuat saya masih ragu buat menikah, apakah juga akan berpengaruh ke kondisi seksual lain misal fertility dll.

Lihat Selengkapnya
pria, 27 Tahun21 Des 2020, 03:15 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih atas pertanyaan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tubuh laki-laki menghasilkan hormon testosteron di dalam testis mereka. Kadar testosteron tubuh mencapai puncaknya selama masa remaja dan awal dewasa muda. Mulai usia 40, tubuh memproduksi lebih sedikit testosteron. Untuk sebagian besar laki-laki, kadar testosteron menurun secara perlahan.

Pada laki-laki, hormon ini membantu mempertahankan kepadatan tulang, distribusi lemak, massa otot, kekuatan otot, produksi sel darah merah, dorongan seks, dan produksi sperma. Jika tubuh kekurangan hormon testosteron, maka fungsi yang telah disebutkan diatas berkurang seperti penurunan fungsi seksual, penurunan kepadatan tulang, berkurangnya massa otot, peningkatan jumlah lemak, penurunan kekuatan otot, penurunan daya ingat, perubahan mood dan depresi.

Tidak semua orang dengan kadar testosteron yang rendah membutuhkan terapi. Hanya laki-laki yang memiliki gejala kekurangan testosteron dan dibuktikan melalui pemeriksaan darah yang dapat dipertimbangkan untuk terapi penambahan hormon testosteron.

Panjang penis yang normal adalah 7,6 - 10,2 cm (saat lemas) dan 12,7 - 17,8 cm (saat ereksi). Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis). Dari cerita Anda tersebut, Anda tetap disarankan berkonsultasi kepada dokter spesialis andrologi untuk mendapatkan pemeriksaan (terutama pemeriksaan kadar hormon testosteron) dan terapi yang sesuai. 

Demikian yang bisa kami sampaikan,

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Ukuran Penis Normal

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Cara Memperbesar Penis

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Memperbesar Ukuran Penis

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Ukuran Penis Normal

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Memperbesar Ukuran Penis

Dijawab oleh:dr. Atika

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat