search

Demam Tifoid

Selamat siang dokter. Awalnya saya merasa perut sebah, berbunyi kruk kruk, sedikit mual, sendawa dan melilit dan kalau sore badan agak "greges" dan perut melilit. Saya berinisiatif ke lab test darah, hasilnya yang dibawah rujukkan Basofil 0 dan Neitrofil batang 0, dan S Typhi O negatif tapi S Typhi H positif 1/320, untuk 6 komponen Paratyphi Negatif, dengan hasil lab tsb apakah saya terjangkit tipus dan haruskah periksa ke dokter penyakit dalam atau cukup dokter umum saja. Terimakasih.

Lihat Selengkapnya
pria, 47 Tahun14 Jan 2021, 09:08 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya seputar demam tifoid melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan penjelasan panjang Anda sepertinya anak Anda mengalami demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan tipus.

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit atau diare, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Prinsipnya, demam tifoid dapat sembuh asal diobati hingga tuntas. Selalu ikuti dosis obat antibiotik yang diberikan dan minumlah secara teratur. Selain itu, perhatikan apa yang dimakan, pastikan makanan tersebut bersih. Kuman tifoid banyak terdapat di dalam makanan-makanan yang kurang higienis.

Setelah demam tifoid sembuh, maka yang terjadi bukanlah kekambuhan, melainkan infeksi ulang atau infeksi baru dari kuman yang menyebabkan demam tifoid (tipus). Infeksi ulangan ini dapat disebabkan oleh pengobatan yang tidak tuntas atau tifoid yang tidak diobati sebelumya.

Apabila Anda mengalami gejala demam tifoid, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengkonfirmasi infeksi tifoid, Anda dapat melakukan pemeriksaan IgM Anti Salmonella. Jika memang positif, artinya Anda terinfeksi. Kami tidak menganjurkan Anda untuk mengobatinya sendiri.

 

Baca Juga

Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Anda Tahu  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam tifoid. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Lidah Kotor, Mual, Dan Tenggorokan Tidak Nyaman

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Keluhan Demam Tifoid

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Demam saat Malam Hari

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Pusing Setelah Sembuh dari Demam Tifoid

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Tifoid, Bolehkah Makan Pedas

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat