Hipopigmentasi pada Kullit

Salamat siang dok, dok saya ingin bertanya terkait masalah kulit. Saat saya SMA dulu saya rajin olahraga tapi kurang menjaga kebersihan kulit, kadang, kadang Kalau sudah pulang malam Dan cape jadi tidak mandi lagi. Sejak saat itu mulai muncul bercak Putih di kulit area perut, bercak Putih melingkar Dengan ukuran yang berbeda-beda. Saya rasa bercak itu adalah panu namun beberapa kali saya obati Dengan obat salep sepertinya tidak Ada efeknya dok. Apakah panu bisa hilang dok Dan jika bisa bagaimana saya mengobatinya. Saya Malu Dengan penyakit ini dok terutama jika harus menggunakan pakaian renang. Terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun14 Jan 2021, 09:56 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter KlikDokter.

Warna keputihan pada kulit dalam dunia medis disebut dengan hipopigmentasi, suatu kondisi hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, sebagai berikut:

Hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

Pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

Vitiligo

Albino

Lepra/kusta

Pitiriasis alba.

Pada kasus anda nampaknya disebabkan penyakit kusta yang diderita. Selengkapnya mengenai kusta dapat anda baca disini. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar diagnosa dapat ditegakkan dan tata laksana dapat diberikan sesuai kondisi terkini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Panu pada Wajah

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Bercak Putih pada Wajah

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Bercak Putih pada Wajah

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Bercak Putih Mengganggu di Wajah

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Mengatasi Bercak Putih di Wajah

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk