Kehamilan dengan Skoliosis

Dok... saya mengidap skoliosis 30 derajat dan sedang menggunakan korset skoliosis. Tapi akhir2 ini saya baru menyadari bahwa tulang dada saya maju kedepan yang membuat saya tidak memiliki belahan dada. Sampai sekarang saya tidak merasakan efek apapun, cuma hanya terasa aneh saja. Apakah hal ini membahayakan dok? Atau akan memiliki dampak saat masa kehamilan nanti? Terima kasih dok.

Lihat Selengkapnya
wanita, 16 Tahun14 Jan 2021, 09:59 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Skoliosis merupakan pembengkokan kearah samping dari tulang belakang yang merupakan suatu deformitas (kelainan) penyakit. Skoliosis tidak akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Efek kehamilan pada wanita yang memiliki skoliosis adalah progresifitas terhadap pergeseran kurvatur atau derajat skoliosis. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita hamil dengan skoliosis akan bergeser 2, 6, dan 18 derajat dari koreksi mereka pada kehamilan pertama. Namun derajat skoliosis tetap sama pada kehamilan berikutnya.

Pada banyak penelitian yang lain, didapatkan hasil bahwa kehamilan tidak meningkatkan progresivitas dari skoliosis tersebut. Risiko progresivitas derajat skoliosisi tidak dipengaruhi oleh usia ibu saat hamil, jumlah kehamilan, dan stabilitas dari skoliosis tersebut saat dewasa. Kehamilan jarang mempengaruhi skoliosis.

Namun perlu diketahui bahwa wanita dengan skoliosis  ekstrim akan mengalami nyeri pinggang lebih parah dari wanita hamil tanpa skoliosis.

Saat ini wanita hamil dengan skoliosis dapat melahirkan dengan cara normal. Namun bagi mereka yang akan melahirkan dengan operasi caesar maka anestesia epidural (bius) untuk operasi harus dilakukan karena sedikit lebih sulit dari wanita hamil tanpa skoliosis. Anestesia epidural ini juga dapat dilakukan untuk terapi nyeri. Hal ini juga harus dibahas dengan dokter Anda.

Sebaiknya Anda mendiskusikan sejak dini mengenai hal ini kepada dokter kandungan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Terlambat Haid

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Kemungkinan Hamil

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Cara Agar Cepat Hamil

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Menyusui Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Mual, Muntah, Hilang Nafsu Makan saat Hamil

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk