Efek Samping Kopi

Permisi dok, saya mau tanya efek kita setelah minum obat minum kopi apa saja ya dok ? saya minum kopi setelah sekitar 1 jam an setelah minum obat.. Begitu kopi masuk kedalam tubuh saya, saya langsung merasa pusing sekali tiba tiba.. dan detak jantung saya menjadi lebih cepat.. apakah ini efek dari minum kopi tersebut dok ? terimakasih..

Lihat Selengkapnya
wanita, 17 Tahun14 Jan 2021, 10:01 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Untuk rekomendasi jumlah yang dapat dikonsumsi berbeda-beda setiap literatur namun sebaiknya memang yang baik untuk tubuh adalah 1-2 cangkir dalam sehari. 

Journal of Physiology & Behavior menunjukkan rata-rata tingkat metabolisme tubuh pada orang yang mengkonsumsi kafein meningkat 16% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Namun bukan berarti hanya dengan meminum kopi dapat membuat kurus. Untuk menurunkan berat badan diperlukan juga diet yang sehat dan olahraga minimal 3x/minggu.

Hubungan antara kopi dan kesuburan masih menjadi kontroversi. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein tinggi dapat menurunkan kesuburan pada wanita/memperlambat konsepsi. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Nevada School of Medicine, kafein dapat menurunkan kemampuan kontraksi (gerakan) otot pada tuba fallopi (saluran yang mengantarkan sel telur dari ovarium ke rahim). Jika Anda berencana untuk hamil, sebaiknya hindari makanan/minuman tinggi kafein, alkohol, dan rokok.

Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan tidur, nyeri perut (gastritis/maag), dan gangguan irama jantung.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?3 Cara Bangun Tidur Tanpa KopiMinum Kopi Membuat Mulut Semakin KeringKafein Memperkuat Daya IngatKebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!Serba-serbi KafeinJauhi Kafein, Alkohol, dan Rokok Demi KesuburanDemikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Konsumsi kafein pada ibu hamil

Dijawab oleh:dr. Nabila Viera Yovita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk