sering Buang Air Kecil dan Mengompol, Apa Penyebabnya? 11 Februari 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

sering Buang Air Kecil dan Mengompol, Apa Penyebabnya?

Selamat siang dok, saya ingin bertanya saya bekerja seharian di ruangan ber AC , dan sering bolak balik ke toilet utk Bak padahal saya minum tidak terlalu banyak dok dan malam hari sewaktu tidur juga saya sring mengompol tanpa di sadari, Gejala lain yang aneh tidak ada . Apakah itu hal yg normal dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun11 Feb 2021, 09:23 WIB

dr. M. Dejandra Rasnaya

Dijawab oleh:

dr. M. Dejandra Rasnaya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebelumnya perlu kami tanyakan berapa usia anda? 

Sensasi ingin buang air kecil dirasakan apabila kandung kemih terisi kurang lebih 150 cc cairan. Kandung kemih dapat menahan cairan sampai dengan 500 cc. Jadi apabila Anda meminum 2 liter cairan per hari dan buang air kecil sekitar 8 kali sehari, hal tersebut masih dalam batasan normal.

Selain itu keluhan buang air kecil yang sering tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal:

- Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit. Pada pria, infeksi saluran kemih ini seringkali disebabkan karena infeksi menular seksual.

- Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.

- Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau urangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengontrol diuresis (kencing). Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih

- Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih).

- Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.Untuk memastikan penyebabnya, Anda sebaiknya berkonsultasi tatap muka dengan dokter. Agar dapat diobati dengan tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Mengompol Saat Dewasa

Dijawab oleh:dr. Atika

Masih Mengompol Meski Sudah Dewasa

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Penyebab Mengompol pada Dewasa

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat