search

Sering Bersin dan Hidung Meler

saya sering bersin_bersin dan hingusan, sudah lama sejak 2015 hingga sekarang,.. kira-kira apakah ini memungkinkan terdapat benjolan yang mengeluarkan cairan berlebih dari hidung?

Lihat Selengkapnya
pria, 23 Tahun14 Feb 2021, 05:30 WIB

dr. Arina Heidyana

Dijawab oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan yang Anda rasakan adalah sering bersin dan hidung meler ini mengarah kepada gejala rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.

Untuk mengatasinya, terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Jadi, cari tahu penyebab Anda bersin dan hidung meler ini. Biasanya penyebabnya karena cuaca, debu, bulu hewan, serangga, dan lain-lain. Lalu, bisa juga dengan penggunaan obat antihistamin H-1,yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. 

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis THT.

Baca Juga

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bersin Kena Debu Lalu Hidung Mampet

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Perawatan Bronkitis Alergi

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Alergi dan Badan Lemas

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Muncul Ruam setelah Konsumsi Vitamin E

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Seputar Alergi

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat