Kontrol Gula Darah 15 Februari 2021 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Kontrol Gula Darah

Halo dokter.. . Saya perempuan 63thn, beberapa bulan yg lalu saya mengalami gula darah yang tinggi 504. Berobat ke dokter mendapat respon obat yang begitu banyak + insulin 10iu hingga saat ini -+1½bulan. Dan nilai gula darah saya ½ bulan terakhir stabil di nilai 120-150. Setelah stabil begini, apakah bisa saya mengurangi/berangsur berhenti mengkonsumsi obat² ini Dok..??

Lihat Selengkapnya
wanita, 63 Tahun15 Feb 2021, 08:18 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Kadar gula darah dapat bervariasi bergantung pada jenis makanan yang terakhir dikonsumsi sebelum tes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan menaikkan kadar gula lebih tinggi. Indeks Glikemik (Glycemic Index/GI) adalah ukuran pengaruh suatu makanan yang mengandung karbohidrat terhadap kenaikan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi menaikkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan makanan dengan GI rendah atau sedang.

Berikut adalah contoh beberapa makanan dan nilai indeks glikemiknya:

Low GI (GI ≤ 55): Oatmeal, roti gandum, macaroni, Diabetasol, Jeruk, Apel)Medium GI (55 < GI < 70): Kue-kue bolu, bihun, pizza, nanas, manggaHigh GI (GI ≥ 70): Nasi, mie, lemper, perkedel kentang, bakwan, kentang goreng, corn flakes, semangka

Setelah kita makan makanan yang mengandung karbohidrat, sistem pencernaan akan memevahnya menjadi gula lalu masuk ke pembuluh darah dan masuk ke dalam sel- sel tubuh guna menyediakan energi agar sel dapat berfungsi. Sisa gula yang tidak langsung digunakan oleh sel akan disimpan di dalam otot dan hati.

Olahraga dapat merubah gula menjadi energi. Yang paling benar ialah rutin melakukan olahraga jika ingin mengontrol gula darah Anda. Lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga tak perlu olahraga berat, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan-sedang namun rutin. Selain itu, jika ingin mengontrol gula darah sebaiknya pilih makanan dengan indeks glikemik rendah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Menyikapi Kondisi Prediabetes

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Menambah Berat Badan pada Penderita Diabetes

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Kiat Menjaga Kadar Gula tetap Stabil

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

Pengobatan Gula Darah Tinggi

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat