Bolehkan ke Dokter Gigi Selama Pandemi ?

Dok, baru-baru ini gigi seri bagian belakang saya terkikis di bagian dekat gusi sampai tengah. keluar serpihan kecil gigi melalui mulut dan saya merasa sepertinya gigi saya ikut bergeser. Kira-kira apa yang terjadi dan apakah saya boleh ke dokter gigi di masa pandemi seperti ini? Terima kasih, Dok.

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun22 Feb 2021, 06:16 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang bolehkan ke dokter gigi selama pandemi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa terasa ada bagian gigi yang terkikis, lalu pernah keluar serpihan kecil dan terasa membuat gigi bergeser, maka dugaan kami ada beberapa kemungkinan. Bisa jadi pada bagian tersebut sudah terdapat lubang gigi kecil, atau ada patahan kecil gigi atau bahkan karang gigi. 

Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter gigi. Di masa pandemi seperti sekarang ini bepergian keluar rumah memang sebaiknya dibatasi. Namun jika tujuan keluar rumah adalah untuk mencari pengobatan maka sangat dianjurkan. Apalagi jika sudah terdapat gejala misalnya peradangan dengan tanda-tanda gusi memerah, bengkak, panas, sakit, maka sebaiknya jangan ditunda, apalagi sampai menunggu kondisi berubah jadi lebih parah lagi. Karena lebih cepat suatu keluhan itu diatasi maka tindakan gigi yang dibutuhkan akan semakin sederhana. Tapi semakin lama tindakan gigi ditunda maka akan menghasilkan tindakan yang lebih rumit dan juga lebih mahal.

Sebelum periksa ke dokter gigi, pastikan tubuh sedang dalam kondisi fit, dan pastikan tempat dokter gigi yang mengikuti prosedur kesehatan covid selama kita masih dalam masa pandemik.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Gigi Depan Berlubang Ganggu Penampilan, Ini Solusinya

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Mana Lebih Bahaya, Karies Gigi atau Gigi Berlubang?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bolehkan ke dokter gigi selama pandemi, semoga bermanfaat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Persyaratan Kesehatan Gigi Sekolah Kedinasan

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk