search

IUD dan Haid Terlambat

Dok izin bertanya, saya memakai iud setelah melahirkan, setelah 9 bulan saya merasakan kram perut sampai pinggang, beserta mual dan pusing. Saya terakhir haid 24 januari, pas saya testpack garisnya 1... Tapi kenapa saya merasa mual dan pusing ketika mencium aroma tidak sedap atau yg terlalu wangi seperti orang hamil.. terimakasih dok

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun28 Mar 2021, 04:23 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Spiral/IUD merupakan salah satu AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), yaitu alat yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara mekanik, antara lain dengan menganggu lingkungan rahim, dan menghalangi terjadinya pembuahan maupun implantasi.

Terdapat dua jenis AKDR: yang tidak dikombinasi dengan hormon, dan yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Efek samping yang banyak ditemukan selama 3-5 bulan pertama pemakaian adalah keluarnya bercak atau perdarahan dari vagina. Keluhan terlambat haid juga dapat ditemukan pada pemakaian AKDR yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Jenis AKDR manakah yang Anda pakai saat ini? Yang dikombinasikan dengan hormon ataukah tidak?

Jika IUD yang digunakan mengandung hormonal, bisa saja membuat siklus haid berubah, Namun jika IUD yang digunakan tidak mengandung hormonal umumnya tidak berhubungan dengan siklus haid. Jika Anda terlambat haid dan menggunakan IUD non hormonal, maka terlambat haid bisa disebabkan karena faktor stres, kelelahan, pola hidup tidak sehat, diet ekstrim, peningkatan BB yang drastis. 

Keluhan mual dan pusing belum tentu menandakan seseorang hamil. Salah satu penyebab mual dan pusing yang umum adalah sakit maag. Maag, yang dalam bahasa medis seringkali disebuat gastritis, adalah bentuk peradangan lambung yang ditandai dengan rasa penuh di perut, mual, muntah, nyeri ulu hati, kembung bahkan bisa sampai muncul sensasi sesak nafas. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Apabila Anda tidak mendapatkan haid 3 bulan berturut-turut dan tes pack negatif, kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memeriksa posisi dan keadaan AKDR, serta mengevaluasi berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid pada Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Siklus Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Siklus Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. M. Dejandra Rasnaya

Haid Dua Kali dalam Sebulan

Dijawab oleh:dr. Dyah Novita Anggraini

Apakah Wajar Haid Tidak Lancar Bagi Usia Remaja?

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Menstruasi 2 kali Sebulan

Dijawab oleh:dr. Theresia Rina Yunita

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat