search

Limfadenopati dan Limfadenitis

saya ingin bertanya, sudah 3 minggu saya mengalami sakit peradangan kelenjar. saya sudah berobat 3x di dokter yang berbeda. setiap obat habis sakit nya langsung terasa lagi. yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus istirahat total? sedangkan saya bekerja. lalu makanan apa saja yang boleh saya konsumsi? dan kenapa penyembuhan nya lama sekali? sedangkan pola makan saya terbilang sehat

Lihat Selengkapnya
wanita, 32 Tahun07 Apr 2021, 12:12 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Pembesaran kelenjar getah bening atau limfadenopati adalah pembesaran kelenjar getah bening dengan ukuran lebih dari 1 cm2. Kelenjar getah bening, atau disebut juga limfa, merupakan jaringan kecil yang bekerja untuk menyaring cairan getah bening yang beredar di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa.

Limfadenopati merupakan keluhan yang umum dikeluhkan dengan penyebab yang bervariasi. Berdasarkan penyebaran limfadenopati:

 • Generalisata: limfadenopati pada 2 atau lebih regio anatomi yang berbeda.

 • Lokalisata: limfadenopati pada 1 regio.

Pembesaran kelenjar getah bening atau limfadenopati memiliki banyak penyebab. Berbagai keadaan yang dapat menyebabkan kondisi ini antara lain:

- Keganasan. Terdapat berbagai keganasan yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, misalkan limfoma, leukemia, kegananasan kulit, sarkoma Kaposi atau metastasis

- Infeksi. Beberapa infeksi yang sering menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening adalah Bruselosis, CMV, HIV, Rubella dan Sifilis.

- Kelainan autoimun. Berbagai gangguan autoimun dengan gejala pembesaran kelenjar getah bening adalah penyakit lupus, arthritis reumatoid, dermatomiositis

Gejala utama pembesaran kelenjar getah bening atau limfadenopati adalah kelenjar limfe teraba sebagai sebuah benjolan pada berbagai bagian tubuh. Benjolan dapat bebas digerakkan.

Pada penyebab infeksi, kelenjar getah bening juga akan terasa nyeri saat diraba. Pada keganasan, limfadenopati dapat membesar tanpa ada rasa nyeri dan tanpa tanda peradangan lainnya.

Gejala lain yang mungkin timbul bersamaan dengan limfadenopati adalah berbagai gejala prodromal infeksi virus. Misalnya seperti demam, sakit kepala, atau badan terasa pegal.

PengobatanPengobatan pembesaran kelenjar getah bening atau limfadenopati tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, misalkan infeksi Tuberkulosis, maka pengobatannya berupa pemberian obat anti tuberkulosis.

Sedangkan jika disebabkan gangguan sistem imun, maka pemberian kortikosteroid dapat dipertimbangkan. Pada kasus limfadenopati akibat keganasan atau kanker, penanganan kanker yang mendasari diperlukan.

Pencegahan ​Pencegahan pembesaran kelenjar getah bening atau limfadenopati adalah dengan menghindari penyebabnya, khususnya penyebab yang berhubungan dengan infeksi. Karena itu, jagalah sistem imun tubuh agar tetap sehat, jaga gizi makanan Anda, dan berolahragalah secara teratur.

Demikian, semoga bermanfaat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Benjolan di Rahang Bawah

Dijawab oleh:dr. Atika

Seputar Benjolan di Leher

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Benjolan di Ketiak

Dijawab oleh:dr. Arina Heidyana

Bengkak di Bawah Daun Telinga

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Benjolan di Ketiak

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat