search

Keringat Berlebih

dok,,kenapa saya pada saat beraktifitas keringat keluar berlebihan dan ini apakah ada masalah

Lihat Selengkapnya
pria, 42 Tahun07 Apr 2021, 12:18 WIB

dr. Valda Garcia

Dijawab oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya seputar keringat berlebih menggunakan fitur Tanya Dokter.

Secara umum, tangan, kaki, dan ketiak lebih mudah berkeringat dibandingkan kulit yang lainnya, yang berkaitan dengan fakta bahwa kulit pada telapak tangan dan kaki lebih tebal sehingga kelenjar keringat juga lebih banyak. Tangan dan kaki juga adalah bagian yang sering melakukan aktivitas sehingga lebih mudah berkeringat.

Pada ketiak juga demikian, walaupun tidak setebal kulit pada telapak tangan dan kaki, ketiak memiliki banyak kelenjar keringat dan sangat mudah berkeringat.

Keringat berlebih, atau juga dikenal dengan istilah hiperhidrosis, dapat terjadi dalam 3 bentuk, yakni diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi menjadi 3 yaitu:

Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Karena kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, kami sarankan agar anda dapat mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lengkap guna mengetahui diagnosis serta terapi yang tepat.

 Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keringat berlebih. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Telapak tangan berkeringat berlebih

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Mengatasi Hiperhidrosis

Dijawab oleh:dr. Devia Irine Putri

Hiperhidrosis

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Tubuh Sering Berkeringat

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat

Dijawab oleh:dr. Valda Garcia

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat